Di Penghujung Jalan Itu

Berjuang di jalan kebenaran, berjihad dengan bersungguh-sungguh secara terus-menerus, tanpa kenal lelah dan mengeluh, ibarat seorang yang sedang berjalan melewati gunung dan hutan. Hingga akhirnya sampailah ia ke tempat tujuan. Tempat indah yang menjadi impiannya.Tempat tujuan yang menjadikan semangat dalam dirinya hidup. Yang selalu menciptakan optimisme dalam setiap langkah dan perjuangannya. Walaupun jarak yang dilaluinya jauh dan berliku. Ataupun banyak duri dan bebatuan tajam yang menghalangi. Meskipun rasa sakit menjamah tubuhnya.
Perjalanan jauh hanya bisa dilakukan dengan kesabaran dan kewaspadaan. Walaupun langkah tertatih dan kaki terasa tidak mampu lagi untuk berjalan. Tapi tertatihnya langkah bukan berarti menghentikan kaki kita untuk terus menapak.
Seperti para pendaki gunung. Mereka senantiasa akan terus berjalan sampai ia menaklukkan hambatan dan rintangan di sepanjang jalan yang mereka telusuri. Mereka diterpa rasa haus. Mereka dihantui kegelapan. Bahkan tidak jarang, banyak hewan buas yang siap memangsa mereka. Alhasil, setelah mereka sampai puncak, kelelahan dan keletihan yang melanda tubuh menjadi tiada terasa. walaupun mereka disambut dengan suhu dingin yang menggigit. Ada bahagia yang datang menggantikan lelah. Ada senyuman menghiasi wajah menggantikan keluh.
Selamanya, tidak akan pernah sama orang-orang yang berjuang dengan orang-orng yang hanya duduk berdiam diri saja. Kebahagiaan dan senyuman hanya bisa dirasakan oleh mereka yang bersungguh-sungguh dalam berjuang. Tidak akan pernah dirasakan oleh mereka yang setengah-setengah dalam berjuang. Tidak akan pernah dirasakan oleh mereka yang banyak mengeluh apalagi mereka yang tidak pernah merasakan perjuangan.
Tapi tentu keteguhan dan konsistensi tidak mudah dilakukan. Siapapun yang ingin konsistensi menuju sebuah tujuan besar, pasti harus melewati berbagai penderitaan, kesulitan, dan keadaan yang tidak disukai. Bahkan walaupun kesulitan dan keadaan yang dihadapi, mengancam jiwa. Tanpa konsistensi, tanpa optimisme, tanpa kesungguhan, target dari suatu tujuan yang ingin diraih, tidak akan berhasil.
Ada Kebahagiaan di Setiap akhir perjuangan !!!

0 komentar: